Sabtu, 26 Januari 2013

Ketahui Kapan Saatnya Untuk Melepaskan



Ketahui Kapan Saatnya Untuk Melepaskan
Terkadang persahabatan menjauh (atau mendekat) karena arah hidup kita terus berjalan. Kadang-kadang Anda menemukan persahabatan yang tidak lagi berhasil, dan tiba saatnya untuk terus maju.

Mungkin diri Anda berubah, atau mungkin juga teman Anda yang berubah. Mereka mungkin telah terjerumus ke dalam kelompok yang buruk dan Anda tidak ingin menjadi bagian dari itu, atau mungkin Anda telah memiliki tanggung jawab dan tumbuh Dewasa, sementara mereka masih berlaku seperti remaja. Atau karena mereka telah memiliki anak-anak dan Anda belum, dan hidup mereka yang baru tidak terlalu berarti bagi Anda. Anda tidak mengerti kekhawatiran mereka dan tidak bisa berempati. Atau mungkin karena mereka baru saja memiliki bayi dan Anda tidak dapat mengerti kerepotannya.

Mungkin hal-hal ini sifatnya hanya sementara dan hubungan itu masih perlu untuk dipertahankan. Mungkin Anda mengira teman Anda akan sadar bahwa orang-orang ini tidak cukup bernilai untuk diajak berteman. Atau Anda merencakan untuk memiliki anak, maka Anda akan menghargai pengalaman mereka. Namun terkadang, Anda melihat bahwa hal yang berubah tidak akan kembali dan persahabatan ini tidak cocok lagi untuk Anda. Mungkin teman Anda terus-menerus mengkhotbahi Anda, atau mengajak Anda untuk mencoba narkoba, dan menginginkan Anda mencoba hal-hal yang tak Anda inginkan. Mungkin mereka menjadi terobsesi terhadap uang dan Anda tidak sepaham dengan mereka. Kadang-kadang seorang teman berpaling dari Anda karena alasannya sendiri.

 
Ketika hal-hal seperti ini mulai mempengaruhi persahabatan Anda, tidak apa-apa jika Anda ingin menjauh tanpa ada yang tahu. Terkadang Anda perlu membuat pilihan sadar untuk memisahkan diri dari orang ini, karena Ia tidak lagi memberikan kontribusi yang positif terhadap hidup Anda, atau sebaliknya. Dan keadaan itu sepertinya akan terlihat permanen.

Yang palin gpenting untuk diketahui adalah bahwa hal ini terjadi. Jangan terus melawan gelombang jika tidak ingin menghasilkan akibat apa pun. Anda perlu melepaskannya, teruslah berjalan. Akan sangat menyebalkan jika persahabatan yang baik mati, tapi Anda hanya akan membuatnya tambah parah jika teru mempertahankannya. Lebih baik membuat pilihan yang sadar.

Anda mungkin perlu berbicara dengan teman itu menjelaskan bahwa Anda merasa persahabatan ini tidak membawa keuntungan. Anda tidak harus melawannya dan mengatakan bahwa Ia teman yang buruk. Hanya biarkan Ia tahu bahwa Anda tidak akan menghabiskan waktu lagi dengannya. Atau mungkin untuk mempermudah, mundur saja dan biarkan perpisahan itu terjadi secara alamiah. Lagipula, teman-teman Anda akan berpikir untuk melakukan hal yang sama dan tidak memberikan perlawanan. Persahabatan adalah sesuatu yang berjalan secara dua arah, dan umumnya bila itu tidak berhasil untuk Anda, maka itu juga tidak akan berhasil untuk yang satunya, bahkan bila kalian membutuhkan waktu untuk melihatnya. Ada banyak teman-teman menakjubkan yang potensial di luar sana, jangan habiskan tenaga Anda untuk persahabatan yang sudah mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar