Sabtu, 26 Januari 2013

Cinta Sama Dengan Waktu



Cinta Sama Dengan Waktu
Apa yang Anda lakukan ketika Anda ditarik ke dua arah yang berbeda? Salah satu anak Anda menginginkan Anda untuk menghadiri hari olahraga, tapi pada tanggal yang sama ada konser musik di sekolah anak Anda yang lain. Teman baik Anda sangat membutuhkan tempat untuk berkeluh kesah karena pernikahannya gagal, namun Anda harus mencari bantuan untuk ibu Anda dari rumah sakit. Atau mungkin pasangan Anda sedang melewati depresi yang berat dan tidak bisa berpisah dari Anda, tapi adik Anda tidak dapat mengurus anak-anaknya dan membutuhkan bantuan. Atau mungkin semuanya terjadi secara bersamaan. Hidup dipenuhi dengan fase seperti ini. Semua terkadang berjalan dengan lancar, tapi sering kali semua menumpuk dengan tiba-tiba. Jadi apa jawabannya?

Pertama-tama Anda harus mengenali bahwa hasil perhitungan dari cinta pada akhirnya sama dengan waktu. Semua orang ini membutuhkan waktu Anda. Beberapa orang menginginkan Anda hadir di waktu tertentu, dan beberapa orang menginginkan Anda ketika Anda memiliki waktu luang. Beberapa orang mungkin membutuhkan masukan Anda, dan beberapa orang ingin Anda menghabiskan waktu dengan mereka. Namun mereka semua menginginkan waktu. Waktu adalah sumber daya yang terbatas. Anda hanya memiliki 24 jam dalam sehari.

Inilah mengapa Anda tidak dapat terus berhubungan dengan semua teman-teman yang pernah ditemui, atau menjadi dekat dengan mereka seperti sebelumnya setelah Anda memiliki anak. Anda dapat menemukan waktu untuk 100 kenalan, 20 teman dekat dan tiga saudara, atau empat anggota keluarga dekat ditambah lima keluarga besar dengan tiga sahabat dan 11 teman baik. Tapi tentu saja itu hanya angka-angka karangan. Anda hanya dapat memasukkan sebegitu banyak orang dalam hidup. Lebih-lebih jika Anda memiliki lebih banyak waktu, namun hanya sedikit waktu untuk berhubungan dengan orang lain.


Jika Anda tidak memiliki anak-anak, ingatlah hal ini dan jangan membuat marah teman yang sudah menjadi orang tua, yang Anda pikir mengacuhkan Anda. Mungkin mereka sudah mencoba yang terbaik, berikan mereka waktu.

Ketika Anda ditarik ke segala arah, satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah memprioritaskan diri. Anda perlu memiliki sebuah urutan. Mungkin pasangan dan anak-anak didahulukan, kemudia orang tua, baru saudara, teman baik, dan seterusnya. Anda tidak harus membuat urutan resmi, Anda hanya perlu mengingatnya di kepala. Orang-orang akan naik-turun dalam daftar itu karena mereka mendapatkan “angka” jika mereka cukup lemah atau tak punya tempat berpaling. Alasan mereka membutuhkan Anda juga dapat mempengaruhi posisi mereka. Ahli manajemen waktu menyarankan orang-orang untuk mengalokasikan waktu didasarkan pada (a) pentingnya, atau (b) mendesaknya. Urusan-urusan penting dan mendesak biasanya didahulukan, tapi mereka biasanya tidak mendapatkan terlalu banyak waktu. Mungkin cinta juga tidak jauh berbeda.

Anda harus menjelaskan kepada orang-orang yang Anda cintai ini bahwa Anda ingin berada di sana untuk mereka, tapi Anda hanya memiliki sedikit waktu, dan Anda akan melakukan semampunya. Anda akan menghandiri konser musik anak yang selanjutnya tetapi tidak yang ini, atau Anda akan berada di samping teman Anda tapi hanya untuk beberapa jam minggu ini. Memang sulit, tapi jika Anda mengerti prinsip ini, maka Anda akan tidak merasa terlalu tertekan karena tidak dapat melakukan segala hal untuk semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar