Sabtu, 26 Januari 2013

Carilah Teman Yang Menyukai Kebenaran




Carilah Teman Yang Menyukai Kebenaran
Anda bertanggung jawab terhadap teman-teman yang Anda kenal. Jika Anda berada dalam kelompok yang buruk, maka itu pilihan yang akan merefleksikan pada diri Anda. Tidak ada gunanya berpura-pura tidak mengetahui bagaimana Anda bisa bergabung dengan mereka, atau memberi alasan bahwa Anda sebenarnya tidak ingin bersama mereka, namun merekalah satu-satunya teman yang Anda miliki. Lebih baik untuk tidak memiliki teman daripada memiliki teman yang membuat Anda malu.

Anda tidak dapat menjadi bunga di sekumpulan ilalang, atau mawar di sekumpulan duri. Anda sendiri yang akan berubah menjadi ilalang atau duri. Tidak usah berpura-pura bahwa Anda tidak akan dipengaruhi oleh mereka, atau Anda berbeda. Jika Anda sangat berbeda, untuk apa Anda bergaul dengan mereka? Jika Anda ingin menjadi bunga merah yang menakjubkan, Anda harus menemukan lading bunga untuk ditinggali. Anda tidak dapat mencintai orang lain dengan baik jika Anda tidak mencintai diri sendiri selayaknya karena Anda malu dengan teman-teman Anda.

 
Jadi mari diperjelas bahwa Anda perlu melingkupi diri dengan teman-teman yang Anda banggakan, atau bangga menjadi salah satunya. Anda perlu mencari bunga dan mawar dunia dan berteman dengan mereka. Sebagai seorang teman yang baik, Anda akan diterima, dan sebenarnya tidak terlalu sulit mencari teman-teman yang baik.

Jadi apa yang perlu Anda lihat dari mereka? Bagaimana Anda dapat mengenal orang-orang ini jika bertemu dengan mereka? Mereka adalah orang-orang yang jujur, beradab, dan penuh integritas. Mereka adalah orang-orang yang sopan dan tulus serta tidak akan pernah berbohong pada Anda. Mereka akan peduli dengan kebahagiaan Anda dan ingin bersama Anda bukan karena apa yang akan mereka dapatkan, tapi karena Anda membuat mereka nyaman.

Mereka tidak akan memanfaatkan atau menekan Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak diinginkan. Mereka takkan pernah berbuat tidak adil, atau menerima sesuatu yang tak beralasan, dan mereka tidak akan pernah melanggar kepercayaan ataupun bergosip di belakang Anda.

Mereka baik, dermawan; penuh pertimbangan, dan menyayangi Anda. Mereka akan berada di samping Anda ketika dibutuhkan, sekuat kemampuan mereka. Tentu saja mereka tidak selalu melakukan semuanya dengan benar karena mereka juga manusia. Namun itu bukan disebabkan karena mereka tidak ingin mencoba, dan ketika mereka mengetahui telah berbuat kesalahan, mereka ingin memperbaikinya secepat mungkin.

Ketika Anda mulai menghabiskan waktu dengan orang-orang ini, Anda akan menemukan diri Anda mulai menjadi seperti mereka, dengan cara yang sama ketika Anda berubah menjadi ilalang ketika berteman dengan ilalang. Sekarang Anda dapat berkembang dan mampu melihat betapa menakjubkan diri Anda. Mengapa melingkupi diri dengan orang-orang yang membuat Anda malu atau tidak bahagia, jika Anda dapat memenuhi diri dengan orang-orang yang Anda banggakan? Lagipula, semua orang-orang menakjubkan ini adalah teman-teman Anda, karena itu pastilah Anda lumayan berharga. Bukan itik buruk rupa, tapi seekor Angsa yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar