Rabu, 19 Desember 2012

Cinta Pada Pandangan Pertama Tidak Hanya Karena Faktor Fisik


Cinta Pada Pandangan Pertama Tidak Hanya Karena Faktor Fisik
Ada faktor lain selain fisik yang juga mempengaruhi cinta pada pandangan pertama. Hal itu sudah dibuktikan di dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University dengan menggunakan lalat sebagai bahan percobaannya.

Caranya, para peneliti mencoba memasangkan lalat betina dan jantan dari spesies yang sama dan juga berbeda. Hasilnya adalah, mereka menemukan lalat betina lebih tertarik dan memilih lalat jantan yang berasal dari spesies yang berbeda.

Menurut para peneliti, lalat betina bisa mengetahui lalat jantan mana yang bisa menghasilkan keturunan yang sehat dan banyak melalui penciumannya. Dengan begitu lalat betina bisa mengetahui pasangan yang sesuai dengan keinginannya.

Dikutip dari Livescience, salah seorang peneliti, Andrew Clark menjelaskan, “Cinta pada pandangan pertama itu hanya sebutan populernya saja. Padahal tidak hanya dari pandangan yang bisa menyebabkan rasa cinta, tapi dari bau, suara atau sensasi lainnya yang memberi tahu lawan jenis bahwa pasangan biologisnya ada di dekatnya.”

Peneliti juga menemukan bahwa pengaruh zat kimia dan protein-protein tertentu yang dihasilkan lawan jenisnya ketika saling bertemu, sangat menentukan ketertarikan. Hasil yang sama juga ditemukan dalam penelitian pada kelompok mamalia, termasuk manusia.

Clark menyimpulkan, “Sama seperti hasil penelitian dalam percobaan lalat. Kesuksesan seorang Wanita untuk menghasilkan anak ada hubungannya dengan kualitas genetik Pria, terutama Pria yang memiliki genetik berlawanan dengan si Wanita.”

Kesimpulan tersebut telah dibuktikan dengan penelitian yang mencoba menggunakan wangi kaos Pria untuk memikat Wanita, dan hasilnya Wanita lebih tertarik pada Pria yang setelah diketahui ternyata memiliki gen yang sangat berseberangan dengan Wanita itu.

Hingga saat ini, para peneliti sendiri belum mengetahui dengan pasti mengapa hal itu terjadi. Mariana Wolfner, professor of developmental biology at Cornell mengatakan, “Bisa jadi dikarenakan adanya perbedaan sistem imun dan kemungkinan menghindari penyakit yang serupa menjadi faktor pertimbangan.” Ia juga menambahkan, fakta tersebut juga berlaku sebaliknya, pada Pria yang tertarik pada Wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar