Sabtu, 27 Oktober 2012

Mudah Sakit Hati? Ini Dia Penyebabnya



Mudah Sakit Hati? Ini Dia Penyebabnya
Para peneliti menemukan beberapa orang yang mudah merasa sakit hati dikarenakan mereka memiliki gen sakit hati yang membuatnya lebih mudah sakit psikis maupun fisik. Seseorang yang baru dipecat atau dicampakkan kekasihnya tidak hanya akan tersiksa batinnya tapi juga fisiknya akan sakit-sakitan jika dilahirkan dengan gen pemicu sakit hati. Oleh karena itu jelas ada hubungan antara sakit hati dan sakit fisik terhadap orang yang memiliki gen sakit hati.

Di University of California-Los Angeles beberapa peneliti dengan mengikut sertakan 122 partisipan untuk mengetahui seberapa sensitif seseorang terhadap sebuah penolakan. Karena sebuah hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa sebagian orang dilahirkan dengan gen sakit hati tersebut.
 
Penelitian tersebut dijalankan dengan melakukan scan otak dan tes air liur, diketahui bahwa mereka yang lebih mudah sakit hati punya sebuah penanda genetik yang sama. Gen tersebut akan mempengaruhi bagian otak yang mengontrol rasa sakit, dimana rasa sakit akan lebih mudah terasa. Maka ada beberapa orang yang akan merasa sangat terpuruk dan sakit-sakitan saat sedang patah hati, kecewa atau mengalami penolakan yang tidak menyenangkan. Tidak hanya faktor psikologis yang mempengaruhi rasa sakit hati yang berlebih, namun karena ada gen sakit hati yang terbentuk sejak lahir.

Seperti dilansir Doublex, seorang psikiater Markus Heilig mengatakan, "Penemuan in bisa memunculkan obat baru yang bisa membuat seseorang tidak cepat sakit hati dan mengurangi sakit fisik akibat perasaan yang tidak enak”.

Seorang psikolog Naomi Eisenberger yang ikut terlibat dalam penelitian American Psychological Association menambahkan, “Terkadang seseorang sulit menerima kenyataan bahwa Ia adalah tipe orang yang mudah sakit hati, tapi dengan fakta biologis bahwa Ia memiliki gen sakit hati, semuanya akan lebih mudah diatasi”. Ia juga mangatakan, “Jika Anda termasuk tipe orang yang sangat mudah sakit hati, mungkin Anda harus curiga mempunyai gen sakit hati ini. Langkah selanjutnya adalah mengantisipasi kelemahan itu dengan menyesuaikan sikap, menghindari kata-kata menghina dan ambil nafas dalam-dalam, maka semuanya akan berjalan normal kembali”.

Jadi coba kenalilah diri Anda, apakah Anda termasuk orang yang mudah sakit hati atau tidak. Jika iya, sebaiknya memulai latihan untuk mengontrol emosi agar fisik Anda tidak mudah ikut sakit.

Apakah Anda mudah merasa sakit hati?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar